62 Tahun Indonesia Merdeka!

Standard

Merdeka!! Hidup Indonesia!

Tak terasa, besok, sudah 17 Agustus lagi. Tahun ini, kemerdekaan bangsa Indonesia tepat 62 tahun lamanya. Teringat kisah-kisah heroik perjuangan pahlawan kita dalam merebut Indonesia kembali ke pangkuan kita. Bersyukur dan bangga rasanya, memiliki begitu banyak pahlawan di masa itu, yang dengan berani mempertahankan apa yang seharusnya layak untuk dipertahankan. Isu sentral perjuangan kemerdekaan pada masa itu adalah mengusir penjajah, negara-negara lain yang ingin menguasai wilayah Indonesia. Perjuangan pun identik dengan peperangan (utamanya fisik) yang penuh kekerasan, senjata, tank-tank, darah, dan air mata. Semua diperjuangkan sampai titik darah terakhir.

62 tahun Indonesia dalam masa kemerdekaan. Tapi, benarkah Indonesia kita merdeka dalam arti sesungguhnya. Tentu saja, isu sentral perjuangan kemerdekaan era saat ini, tidak akan sama dengan pada masa 62 tahun silam. Saya jadi teringat, berita yang begitu hangat beberapa waktu lalu tentang `perang dingin` Indonesia dan Cina. Masalahnya, awalnya mungkin sepele. Hasil uji Balai POM Indonesia, menemukan adanya penggunaan zat-zat yang membahayakan (i.e formalin) di berbagai produk-produk buatan Cina, seperti kosmetika, permen dan lainnya. Alhasil, pemerintah melarang keras beredarnya produk-produk Cina di pasar Indonesia. Tak berselang lama, Cina pun melakukan larangan serupa, terhadap semua produk seafood Indonesia, yang menurut Cina, karena tingkat kontaminasi produk seafood Indonesia sangat-sangat tinggi. Padahal, ekspor utama non-migas kita dari sektor ini. Wah wah! Perang dagang telah dimulai, rupanya.

Juga, terkait dengan adanya EU Banned untuk maskapai Indonesia, yang kemudian berimbas juga pada larangan maskapai Indonesia ke tanah suci. Oo, apa-apaan ini? Dan masih banyak cerita senada.

Jelas, perang yang dihadapi saat ini tidak sama dengan perang 62 tahun lalu. Perlu strategi dan penanganan yang jitu. Negosiasi untuk win-win solution menjadi keharusan. Yah, kerja kita belum selesai. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat Indonesia merdeka dalam arti sesungguhnya di masa-masa mendatang. Merdeka Indonesia. Sekali Merdeka Tetap Merdeka. Selama hayat masih dikandung badan.
***

2 thoughts on “62 Tahun Indonesia Merdeka!

  1. sya sangat sedih bila mendengar cerita dari nenek saya,saya menyadari bahwa indonesia ini memang sangat berarti,maka saya sarankan kepada generasi penerus cintailah indonesia seperti kamu menyayangi ibumu sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s