Pelajaran from my pilot study

Standard

Menyenangkan, menantang dan melelahkan.

Alhamdulillah, puji syukur pada Allah swt, hampir dua minggu saya berkutat dengan survey awal riset yang sedang saya geluti. Tujuan utama tentu saja, menguji awal instrumen penelitian yang sudah saya rancang selama dua bulan sebelumnya. Disamping, menambah pengetahuan saya tentang kondisi bisnis yang akan saya teliti: mebel/furnitur dan software development di Indonesia. Setidaknya, di seputar Yogyakarta dan Bandung.Menyenangkan, menantang dan jelas melelahkan. Senang bisa bertemu dengan pelaku-pelaku bisnis yang begitu ahli dan berpengalaman dalam menjalankan usahanya. Dan tak disangka, pilot study ini pun, mempertemukan saya dengan teman-teman lama, yang tak terduga memiliki bisnis yang sukses. Wah wah! Small world!

Beberapa hal yang bisa saya ambil dari diskusi dengan pebisnis. Kunci sukses bisnis yang mereka jalankan. Fokus, fokus dengan usaha yang dijalankan. Gampang-gampang susah juga, karena godaan cukup banyak. Tapi dengan fokus dan konsisten pada satu usaha tertentu, bisnis lebih awet. Jujur dan berkata apa adanya, menjadi kata kunci sukses selanjutnya. Apalagi jika perusahaan berhubungan dengan pihak luar (foreign buyer). Ya, sebenarnya siapapun buyernya, tidak ingin dibohongi oleh penjual. Sekali kebohongan terbongkar, jangan harap, pembeli akan kembali.

Tiada henti berfikir dan berinovasi. Inilah yang membuat bisnis yang mereka tekuni sebagian besar, masih terus bertahan dan bahkan berkembang. Inovasi rasa-rasanya menjadi kunci untuk menangkap peluang, dan membuat perusahaan menjadi punya identitas dengan keunikannya sendiri.

Menantang, karena banyak hal-hal atau temuan-temuan di lapangan, yang membuat saya harus berfikir ulang. Pikir-pikir, renungkan dan pikir lagi, apakah sesuai dengan metode riset yang sudah saya rancang, apakah akan menjawab pertanyaan riset yang sudah saya ngen-ngen jauh sebelumnya. Jadi tidak sabar untuk segera melakukan survey dan menemukan jawaban-jawaban dari apa yang sudah saya formulasikan. Tapi, sabar-sabar … inilah riset. Perlu kesabaran, ketelitian dan perenungan. Cieee…

Melelahkan, wah wah. Ngobrol dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya, jelas akan menghabiskan waktu lama. Apalagi mendengarkan pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis. Saat mulai, saat bergelut dengan persaingan, saat dengan banyak-banyaknya order. Dan saat, dimana pertumbuhan bisnis begitu menjanjikan. Menarik sekali. Dengan bantuan pertanyaan berjumlah 9 halaman, wow, ngobrol pun kadang ada yang memakan waktu 2-3 jam. Tepar, begitu sampai rumah. Mana cuaca Yogya, yang sangat-sangat panas dan tidak bersahabat. Membuat badan serasa exhausted sekali. Really dog-tired.

Tapi, alhamdulillah sekali lagi, begitu banyak hal baru dan informasi yang sangat bermanfaat dari pilot ini. Beruntung, saya bertemu dengan pelaku-pelaku bisnis yang begitu bersahabat dalam berdiskusi dan sangat-sangat membantu. Sampai tidak enak hati rasanya. Bahkan masih suka saya ’ganggu’ via telepon dan email jika ada informasi yang harus diupdate. Kedepannya, untuk aktivitas large survey, mudah-mudahan Allah beri kemudahan lagi. Amin.

NB: Thousand thanks, buat ukm mebel dan software development yang sudah bersedia berbagi.

Leave a Reply

