Menjelang dini hari …

Standard

Menjelang dini hari, 23.24 CET.

Awalnya ingin melepas malam dengan istirahat yang nyenyak. Sejak di kantor badan serasa tidak nyaman. Ah si `bulan datang`. hehehe. Dan benar saja, berbaring di atas tempat tidur sejak dua jam lalu, tidaklah membuat saya bermimpi indah. Ujung-ujungnya justru pikiran melayang kemana. Malah teringat saat buat entry buat tabulasi instrumen di SPSS berjam-jam di kantor tadi. Atau teringat lagu-lagu sendu. Wuaaahhh. Bikin malam semakin tidak membuat ngantuk. Dan akhirnya, mulailah kembali membuka si laptop kecil, teman kesayangan.

Start writing, again …

Inilah mungkin cara terbaik menyambut dini hari, di tempat yang jauh dari suami dan anak, sendiri (wah mesa`ake tenan). Sambil browsing saya menemukan sebuah kata yang begitu indah. Demikian saya kutip dari
Pramoedya Ananta Toer dalam Khotbah dari Jalan Hidup:

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah“.

Wah so touchinggggg. Bagi saya sebagai seorang akademisi dan pribadi, ini begitu menyentuh. Jadi tersadar sudah berapa banyak waktu yang berjalan begitu saja, tanpa sempat saya dokumentasikan. Jadi ingat, terkadang begitu banyak waktu di Yogya, tersita dengan kegiatan mengajar-dan mengajar. Akhirnya, mungkin aktivitas menulis apalagi menuangkan keilmuan dan interest kita dalam bentuk buku, menjadi salah satu aktivitas yang amat sangat langka. Setidaknya itu yang saya rasakan. Padahal, jika sampai waktunya nanti, kita tidak ada lagi, kenangan tinggallah kenangan. Dan apa yang bisa dikenang dan ditularkan dengan mudah dalam perjalanan sejarah sampai sekian generasi, adalah dengan bentuk tulisan. Ya BUKU! dan itu adalah menulis!

Bismilllah, semoga jadi lebih semangat menulis. Jadi makin malu, karena rancangan membuat banyak buku, tapi hanya berhenti di bab pertama. Selalu berhenti di bab pertama. Bab selanjutnya adalah bablassss. Hehehe. Begitu, sindiran suami yang sudah cukup melaju dengan beberapa bukunya. Hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s