Kemana mencari data Indonesia?

Standard

Mungkin judul tulisan ini, sangat pesimis. Pernyataan yang seakan-akan memuat unsur keputusasaan. Hmm, bukan tanpa sebab tentu saja. Saya yakin, sebagian besar rekan-rekan yang berkecimpung dalam dunia penelitian, akademisi atau mahasiswa yang bergelut dengan skripsi/thesis, pasti pernah mengalami hal seperti ini. Kesulitan mencari data sekunder Indonesia. Wah, carinya dimana ya? Kalau toh, ada, apa bisa diakses? Bagaimana mengaksesnya? Kalau toh, akhirnya bisa diakses, apakah data yang didapat valid? Oo …

Beberapa lalu, saya hampir putus asa ketika mencoba mengupdate beberapa data untuk saya jadikan informasi tentang perkembangan SMEs di Indonesia. Karena sedang tidak berada di Indonesia, saya kemudian mencoba menggunakan akses Internet. Searching, browsing. Searching and browsing again. Harus sabar memang. Ketemu satu web, begitu dibuka, informasinya udah kadaluarsa. Ngelink ke web lainnya, eh, access error. Bahkan di beberapa instansi, seakan-akan website yang ada semacam website percontohan belaka. Yang hanya dibuat sekali, kemudian abadi. Heran. Sayang sekali. Padahal di era IT saat ini, tampilan website bisa menjadi cermin manajemen instansi di dalamnya.

Kalau toh akhirnya menemukan sebuah informasi, ketika di cek ulang ke informasi yang lain, menunjukkan hal yang tidak sama. Wuaahhhh. Sabar-sabar. Hmm, inilah bagian terberat dari sebagian besar riset yang menggunakan data-data di Indonesia. Apakah ini menjadi salah satu indikator, rendahnya tingkat atau sistem administrasi di negara kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s