Allah itu, tidak berpendahulu?

Standard

Kemarin malam, saya menemani si kecil, belajar. Materi yang dipelajari kali ini adalah tentang pendidikan agama Islam. Setelah melihat silabus pelajaran untuk besoknya, mulailah kami berdua membuka Bab 3, Sifat Wajib Allah. Saya pun menemani si kecil, membaca bait per bait kata. Sampailah pada salah satu sifat wajib Allah SWT, yaitu Qidam (tidak berawal atau terdahulu). Atau dengan kata lain, Allah itu ada semenjak dahulu, tapi didahului sesuatu.

Dan tak diduga, si kecil pun berhenti membaca dan berujar :’’Aku bingung’’, Lho kok bingung ? sahut saya. Ya, bingung aja, ngga ngerti maksudnya gimana ? Dia lalu mengulangi kebingungannya kembali. Kok bisa ngga ada pendahulunya ? Kan segala sesuatu itu pasti ada yang mendahului ? Kok Allah itu bisa tidak ada yang mendahului ? Begitu argument si kecil, sambil menunjukkan wajah innocent-nya.

oO, dia mulai berpikir kritis, saya pikir.
Saya pun mulai merangkai kata-kata yang sangat sederhana untuk menjelaskan apa maksud sifat wajib tersebut. Ya, karena itu Allah, maka itu mungkin terjadi. Kalau itu adalah sesuatu, tumbuhan, hewan, atau manusia atau semua makhluk di bumi ini, maka memang akan ada yang menciptakan (mendahului). Taman Uwas-nya Mbak Mila bisa ada, karena Mbak Mila ada (yang membuatnya), boneka-boneka Mbak Mila ada karena ada orang lain yang bekerja di pabrik yang membuatnya. Tetapi karena itu Allah SWT, maka Allah tidak mungkin ada yang mendahului-Nya. Hmm, si kecil bergumam, mendengar penjelasan saya. Seakan-akan mencoba memahami. Lalu, dia berujar lagi … oO gitu ya … Tapi tetap tidak masuk akal, Ma. … Gubrak!! oO.😉

One thought on “Allah itu, tidak berpendahulu?

  1. Ha..ha..ha… Lucu banget toh sifat kritisnya dek Mila😀
    Saya jadi terkekeh membaca kisah mba Nurul ini…

    =you’reagoodmother=

Leave a Reply

