Jadilah yang luar biasa!

Standard

Siang tadi saya mengikuti seminar tunggal tentang motivasi, yang diselenggarakan oleh PPM FEB UGM dalam rangkaian acara Pelatihan Manajemen Terapan, Perum Pegadaian 2007. Pembicaranya? Tak disangka-sangka, ia adalah seorang ibu muda, yang ‘hanya’ lulusan SMA dan mantan TKW – tanpa bermaksud merendahkan – (pembantu) yang sudah bekerja di profesinya selama 6 tahun di Hongkong, bernama Eny Kusuma. Ckck. Tapi ini benar-benar luar biasa.

Sewaktu di Belanda, saya sempat menemukan link tentang buku motivasi berjudul “Anda Luar Biasa”, karangannya dan hanya sempat mengikuti sedikit ulasan interview dan resensi bukunya di pembelajar.com. Saat itupun, hati saya sudah bergetar, karena sangking salut dan terharunya. Sungguh, dengan segala keterbatasan, tak menutup dan membatasi kreativitas dan kesuksesan seseorang. Mbak Eny, sudah membuktikannya.

Dan beruntung, hari ini saya bisa menikmati langsung paparannya. Hebat! Selama di ruangan, menyimak, meliat dan mengikuti sesi yang disajikan, adalah detik-detik yang luar biasa. Saya bisa merasakan aura positif yang begitu kuat. Dari pemaparan mbak Eny ini, begitu banyak yang bisa dijadikan acuan dan memperkuat pandangan tentang hidup.

Iqra’. Ya, saya jadi teringat tentang perintah Allah pertama kali pada manusia, yaitu membaca. Membaca apa saja yang layak untuk dibaca. Membaca dan kemudian menulis, adalah aktivitas yang bukan menjadi aktivitas spesial bagi kaum akademisi saja, kaum terpelajar, kaum bermartabat, tapi adalah aktivitas semua manusia, tak memandang status, usia dan lainnya. Dengan membaca, kita bisa mengenal dunia. Dengan membaca dan menulis, kita bisa menaklukkan dunia. Dari mbak Eny, saya semakin sadar, bahwa, membaca dan menulis dua hal yang membuat seseorang yang nothing, bisa menjadi somebody. ”Belajar dimanapun bisa. Dan keterbatasan saya adalah peluang saya” (Eny Kusuma, 2007). Hebat!

The power of mind. Kekuatan pikiran. Saya sering mendengar kata-kata indah tentang ini. Bagaimana pentingnya berpikir positif. Jika seseorang selalu berfikir positif, selalu, selalu, dan akhirnya tertanam di alam bawah sadar orang tersebut, akhirnya, pikiran itulah yang akan mengantarkan kesuksesan orang tersebut. Mbak Eny proved it! Cool. Mendengar, dan menyaksikan dia memaparkan sesi motivasi, serta membaca tulisan-tulisannya, siapa sangka, dia hanya lulusan SMA dari kota terpencil dan dia hanya seorang pembantu (tanpa bermaksud merendahkan). Nyatanya, dia membuktikan, the power of mind! Salute!

Sadar, menikmati dan bangga profesi yang ada. Satu hal menarik yang saya tangkap dari yang diuraikan mbak Eny, adalah pentingnya sadar diri. Sadar posisi, profesi dan berperan dengan baik profesi yang dipilihnya. Dengan bangganya mbak Eny berujar: “Saya tidak minder, Saya ini pembantu Rumah Tangga, tapi pembantu Rumah Tangga yang Luar Biasa!” Lalu, so, kalau Anda jadi manajer, jadilah manajer yang luar biasa! Kalau Anda dosen, jadilah dosen yang luar biasa! Kalau Anda mahasiswa, jadilah mahasiswa yang luar biasa!😉

So, sudahkah Anda jadi yang luar biasa?!

Leave a Reply

