Haering, apa enaknya ya?

Standard

Bagi mereka yang pernah ke Groningen atau setidaknya main ke Belanda, pastinya cukup kenal dengan istilah ini. Iya, haering adalah salah satu makanan khas Belanda atau Groningen (sepertinya). Apa itu haering? Haering salah satu jajanan pasar yang sering dijual kalau saat hari pasar tertentu. Makanan ini terbuat dari ikan laut berukuran kecil, yah kira-kira seperti ikan sarden dengan panjang 5-7 cm. Setelah dilumuri dengan sejenis minyak, lalu ikan dimakan dalam keadaan mentah (segar). Dimakan dengan parutan bawang bombay. Nikmattt, begitulah komentar penyuka makanan mentah.

Pada saat belanja dengan teman, saya lewat di depan orang berjualan seafood dan tentu saja haering. Melihat teman saya ini makan dengan lahap, dan juga orang-orang disana makan dengan lahap. Bisa dipastikan, selera makan pun langsung mencuat. Enak lho. Coba saja. Hmm, pikir-pikir cukup lama. Ya, karena tidak terbayang rasanya makan ikan bentuk seperti itu dan pastinya gimana gitu. Dicoba aja, sahut seseorang yang sedang makan haering, karena merasa saya lihatin terus. “Iya mbak, dicoba aja”, kata temen saya saat itu. “Kalau ngga ndak suka, nanti aku yang habisin”, lanjutnya. Oke. Akhirnya saya pun beli satu. Dan langsung saya makan. Nyam … secepat mungkin saya coba kunyah. Oiii, aneh sekali rasanya dimulut. Secepat mungkin berusaha ditelan. Tapi, sepertinya ikan yang saya kunyah tetap saja ngendon di mulut. Wakksss, rasanya aneh bangettt. Membutuhkan waktu cukup lama untuk memasukkannya ke tenggorokan dan leepp… masukk. Hehehe. Mau coba menelan berikutnya … oo, tidak. Dan saya pun, quit di babak kedua. Hehehe. Haering, haering … 

Wah kalau rasanya seperti itu, apa enaknya ya?? Hanya penikmat haering yang tau😉 Tot ziens! 

Leave a Reply

