Manusia yang berpengetahuan, seperti apakah itu?

Standard

Para pakar psikologi umumnya menggolongkan kelompok manusia menurut karakter-karakter dasar yang menonjol. Sebut saja, orang yang senang cuap-cuap, spontan, ekspresi masuk dalam golongan orang-orang ekstrovert. Atau sebaliknya. Astrolog mungkin membagi kelompok orang, dari tahun dan bulan kelahiran dimana gugusan bintang bernaung di atasnya yang membentuk ciri khas tertentu pada sekelompok orang yang lahir pada saat itu. Beberapa lain, mungkin akan menggolongkan kelompok orang, dari atribut-atribut tertentu dan dimensi yang lain.

Nah, kelompok manusia terkait dengan pengetahuan yang dimilikinya, seperti apa ya kira-kira. Frappaolo et al. (2004), membuat matrik mengetahuai dan tidak mengetahui, untuk membedakan kesadaran pengguna informasi (manusia) dan sumber informasi yang digunakan. Kelompok pertama, mereka yang mengetahui bahwa mereka ketahui (know what we know). Saya menyebut ini sebagai kelompok smart. Mereka adalah orang yang sadar akan potensi plusnya. Tidak semua orang lho, sadar bahwa apa yang diketahuinya.
Kedua, adalah mereka yang tahu, apa yang tidak mereka ketahui (know what we don’t know). Ini kelompok yang sadar diri. Tahu apa yang tidak diketahuinya. Yang kemudian, menjadi berusaha dan bersemangat untuk mengisi kekurangtahuannya tersebut. Yang ketiga, mereka yang tidak tahu bahwa apa yang mereka ketahui (don’t know what we know). Sepertinya rada-rada silly and so poor, kalau kita justru tidak tahu bahwa kita itu mengetahui sesuatu. Lha, bagaimana mau dimanfaatkan buat sesama, wong yang empunya pengetahuan saja tidak tahu apa yang menjadi potensinya. Sungguh sayang seribu sayang. Tapi mungkin kelompok ini sedikit lebih baik, daripada kelompok keempat, mereka yang tidak tahu apa yang mereka tidak ketahui (dont know what we don’t know). Inilah bahaya. Dan biasanya, bicara dengan kelompok manusia semacam ini sudah mudah ditebak, ujung-ujung obrolan biasanya diakhir dengan pokokmen. Wis, pokokmen. Yah, tidak mengapa juga, yang penting pede.

Tapi sependek pengamatan, ada juga lho kelompok satu lagi, yang ini tambahan sendiri. Oo siapa dia? Ya, mereka inilah kelompok yang sok tau? Rasa-rasanya kian hari kian banyak kelompok yang seperti ini. Kapan biasanya teridentifikasi. Lihat saja, jika ada sebuah isu yang sedang booming di media, di kalangan tertentu, semua orang angkat bicara. Seolah-olah merekalah yang tahu dari yang tahu. Mahanya Tahu. Hayo, siapakah dia? Mudah-mudahan bukan yang menulis atau membaca tulisan ini😉

*peace ahh … yang sedang semangat untuk selalu mencari tahu.

One thought on “Manusia yang berpengetahuan, seperti apakah itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s