Intensi kewirausahaan mahasiswa: berbedakah antar bangsa?

Standard

Survei terhadap 332 mahasiswa perguruan tinggi dari tiga universitas di tiga negara (Indonesia, Jepang dan Norwegia) menunjukkan bahwa intensi kewirausahaan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya berbeda antara satu negara dengan negara yang lain. Hasil penelitian dapat membuktikan bahwa efikasi diri mempengaruhi intensi mahasiswa Indonesia dan Norwegia.

Kesiapan instrumen – mencakup ketersediaan informasi, kemudahan akses modal dan jaringan sosial – dan pengalaman bekerja menjadi faktor penentu intensi kewirausahaan bagi mahasiswa Norwegia. Latar belakang pendidikan menjadi faktor penentu intensi bagi mahasiswa Indonesia, dengan arah berlawanan. Sementara kebutuhan akan prestasi, umur, dan jender tidak terbukti secara signifikan sebagai prediktor intensi kewirausahaan. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa kemampuan model untuk menjelaskan fenomena tersebut hanya sebesar 28,2% (Indonesia), 14,2% (Jepang) dan 24,8% (Norwegia).

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan pada berbagai pihak seperti universitas dan lembaga pemerintah terkait dengan pembuatan kebijakan-kebijakan yang meningkatkan semangat kewirausahaan.

*The best paper award Call for Paper JEBI 2008. Ditulis bersama dengan Rokhima Rostiani.

65 thoughts on “Intensi kewirausahaan mahasiswa: berbedakah antar bangsa?

  1. assalamu’alaikum mba nuruL….
    saya wira 24th masih mahasiswa psikologi. saya mau tanya untuk artikel mba nurul ini boleh tidak saya minta secara lengkap???
    sebenarnya saya ingin tahu sekali tentang efikasi diri.mungkin penjelasan di artikel ini bisa memberi saya kejelasan tentang efikasi diri untuk skripsi saya.karena saya kesulitan memahami efikasi diri yang kebanyakan dijelaskan dalam bahasa inggris.
    terimakasih atas waktunya.
    wassalamu’alaikum

  2. Ass. Mas Wira. Saya sudah kirim file ke email Anda. Silahkan dicek. Semoga membantu tugas yang sedang dikerjakan. Salam. Nurul

  3. Assalamualaikum mbak Nurul,
    Saya Isteti, Mhs S3 Entrepreneurship education di Univ Kebangsaan Malaysia. Saya gembira sekali membaca tulisan anda tentang entrepreneurship Indonesia karena saya kesulitan mendapatkan tulisan/thesis kewirausahaan di Indonesia. refrensi kewirausahaan Indonesia saya sangat kurang semantara penelitian tesis nanti di Indonesia. Saya berharap mbak Nurul dapat membantu mengirim ke email saya. terimakasih

  4. Ass. wr. wb. Mbak Isteti, please saya diber tahu artikel spesifik kewirausahaan mana yang dibutuhkan. Karena referensi itu di saya cukup banyak, atau hanya dari riset yang saya lakukan saja? Good luck buat s3nya. Salam.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    mba sy mhsiswa S1 semsester 7 jurusan kesehatan masyarakat, kebetulan dalam kuliah saya juga belajar kewirausahaan, saya tertarik mengambil skripsi tentang kewirausahaan, boleh tidak saya meminta contoh skripsi khusus tentang kewirausahaan karena di kampus saya belum pernah ada yang mengambil skripsi tentang kewirausahaan, mohon dikirim ya mb…
    thanks,,,,wasalam..

  6. Di FEB UGM kewirausahaan sudah menjadi matakuliah wajib sejak beberapa tahun terakhir, bahkan di beberapa fakultas lain di lingkungan UGM juga. Mudah-mudahan berdampak signifikan pada penurunan jumlah pengangguran. Salam.

  7. assalamualaikum mba..
    saya mahasiswi S1 psikologi, sedang meneliti tentang intensi berwirausaha pada mahasiswa,, saya tahu tentang mba karena mambaca jurnal-jurnal kwirausahaan dimana teori yang dipakai tercantum sumbernya adalah “Indarti & kristiansen”. namun saya mengalami kebingungan karena beberapa jurnal tersebut dalam mengukur intensi berwirausaha menggunakan dimensi2 yang berbeda-beda. dan saya tidak dapat mengakses jurnal mba yang asli. bolehkah saya mengetahui apa saja dimensi yang benar dalam mengukur intensi berwirausaha? wassalam..

  8. Ass. wr. wb. April. Bisa dituliskan email April, biar saya fwd via email file yang dimaksud. Sebenarnya untuk intensi kewirausahaan akan ada banyak pendekatan. Bisa didekati dari psiokologi (personality traits seperti Nach, Locus of control etc). Dapat juga didekati dari environmental factor (dukungan pemerintah, kondisi pasar, ketersediaan bahan baku dll). Tidak ada yang salah (secara mutlak) dalam menggunakan pendekatan-pendekatan tersebut. Hanya saja, dalam penelitian2 yang saya lakukan, saya mencoba untuk menggabungkan kedua pendekatan tersebut. Tulisan terbaru akan dimuat di JEBI Vol. 23 No.4 Oktober 2008 ini. Silahkan jika memungkinkan untuk mengakses langsung dari Indonesia, karena sudah akan dipublish dalam waktu dekat. Sukses buat penelitiannya. Salam. Nurul

  9. perusahaan Saya dibidang perseminaran saya akan mengangkat seminar tentang entreprenership di lingkungan w
    mahasiswa dan akan mendatangkan praktisi , akademisi dan goverment ..bisa ngg kami dibantu pertemaan dan sesi sesi yang dapat menjadi hot news u,,mahasisiwa …trim salam

  10. Assalamualaikum Mba Nurul…
    saya mahasiswa psikologi yang saat ini sedang mengambil skripsi dengan tema intensi berwirausaha pada anak SMA ditinjau dari internal locus of control dan dukungan sosialnya. saya sudah mencoba mengakses cukup banyak jurnal mba tapi sepertinya kurang dapat mendukung penelitian saya tersebut. saya tertarik dengan penelitian yang mba lakukan sepertinya dapat mendukung penelitian saya. saya juga mengalami masalah seperti Mba April mengenai indikator dari intensi berwirausaha itu sendiri mba. saya sudah menuliskan beberapa indikator menurut sebuah sumber tapi kata dosen pembimbing saya itu belum menunjukkan intensi berwirausaha, saya jadi tambah bingung mba terutama karena masalah kewirausahaan ini adalah hal yang benar2benar baru buat saya. oh ya Mba JEBI Vol. 23 No.4 Oktober 2008 yang mba maksudkan di atas itu bisa saya temukan di mana? terimakasih atas penjelasannya.
    wassalam…

  11. Aww. Mbak/Mas Lee, seperti yang pernah dibahas, ada begitu banyak pendekatan dan tentu saja ukuran yang digunakan untuk mengetahui intensi kewirausahaan mahasiswa. Salah satu pendekatan yang menurut saya komprehensif adalah studi yang saya lakukan di atas. Bisa jadi ada pendekatan yang lain, seperti yang disarankan dosen pembimbing njenengan. JEBI 23/4 bisa dilihat di perpustakaan FEB UGM atau kontak Redaksi JEBI FEB UGM. Semoga sukses dengan skripsinya. Salam.

  12. askum mbak…aq gi cari2 referensi tentang intensi berwirausaha pada siswa SMA niiyy, terutama intensi berwirausaha yang dpengaruhi motivasi bprestasi..mhn bantuanny.. thingkyu..www

  13. Asslmkm Mbak Nurul. walaupun agak terlambat, artikel mbak tentang kewirausahaan sangat menarik, Alhamdulillah kalau saya bisa dikirimi copynya. Oh ya saya Junaidi Sagir, mengajar kewirausahaan di salah satu universitas di Lombok

    Wassalam wr. wb.
    junaisa@yahoo.com

  14. ass..mbak Nurul, artikel anda sangat menarik mungkin nanti bisa manjadi bahan referensi saya, saya zuberuddin siregar mahasiswa university utara malaysia dan sedang akan menyusun disertasi dengan judul pendidikan kewirausahan di perguruan tinggi, meminimalisir gap antara teori dan realita praktek, dalam pengelolaan bisnis, dengan ini saya mengharapkan masukan/referensi dari ibu. trimakasih sebelumnya….

    • Aww. Pak Zuberuddin, terima kasih kunjungi web saya. Semoga artikel yang Bapak rujuk membantu. Senang hati jika bisa sama-sama membantu ya, terutama dalam menyelesaikan studi PhD. Salam. Nurul.

  15. Assalamu’alaikum, Wr.Wb
    Mbak Nurul, bolehkah saya mendapatkan tulisan lengkap mbak Nurul, tentang intensi kewirausahaan, karena saya ingin meneliti dan memperkaya tentang khasanah kewirausahaan tsb, untuk melengkapi dan menambah dalam penyusunan draft proposal desertasi saya di UPI Bandung nantinya. Terima kasih sebelumnya, jika mbak Nurul berkenan mengirimkannya ke email saya ini. Wassalamu’alaikum, Wr. Salam kenal dari saya.

  16. Assalamualaikum,
    Mbak, saya mhsw Psikologi sebuah PTS d Jogja, kbetulan skripsi saya tentang intensi berwirausaha pada mahasiswa. kalo boleh saya minta artikel lengkap tentang intensi kewirausahaan nya y mbak.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    Wassalamu’alaikum

    • Aww. Mas Don, file sudah saya kirim. Tolong saya dikabari jika sudah diterima. Just to make sure kalo file saya kirim ke alamat yang tepat. Sayang sekali, beberapa yang pernha meminta file dan sudah direspons dengan mengirim file yang diminta, menghilang tanpa kabar. Sukses buat skripsinya. Salam.

  17. Assalamualaikum,
    filenya sudah saya terima mbak.
    terima kasih mbak sudah mengirimkannya.
    Smoga bermanfaat buat semuanya,terutama buat saya. salam balik sadri saya.
    Wassalamu’alaikum

  18. assalamualaikum wr wb

    mbak..saya mahasiswa universitas andalas padang..saya mau membuat skripsi dengan judul..analisa pengaruh mahasiswa yang berwirausaha terhadap prestasi akdemis..mbak saya mohon dibantu..klo mbak ada jurnal atau bahan2 tentang itu mohon kirim ke email saya..terima kasih ya mbak..

    wassalam

  19. Assalamualaikum,
    Bu Nurul, saya mhsw Psikologi S3 UGM, saya sedang merencanakan riset mengenai kewirausahaan perspektif suku/etnis, saya mohon dikirimkan artikel hasil penelitian IBu di atas sebagai data pendukung. Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum

  20. Assalamualaikum,
    Bu Nurul, saya mhsw Psikologi S3 UGM, saya sedang merencanakan riset mengenai kewirausahaan perspektif suku/etnis, saya mohon dikirimkan artikel hasil penelitian IBu di atas sebagai data pendukung. Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum

    Tonypascamm#yahoo.com

    • Aww. Pak Tony, maaf baru dapat reply request njenengan. Saya tidak dalam kondisi yang memungkinkan kirim file2 besar visa Internet. Insya Allah, next week, saya coba fwd file2 yang diminta. Semoga tidak keburu. Salam. Nurul.

  21. assalamuaalaikum wr.wb

    bu nurul..saya mahasiswa jurusan manajemen..kosentrasi kewirausahaan..buk boleh gak kiranya saya tanya2 langsung sama ibuk..baik melalui email atau ym??saya mohon diberi bimbingan..saya mau menulis skripsi yang berkaitan dengan kewirausahaan..klo bisa saya juga pengen diberi data-data yang berkaitan..sebelumnya saya ucapkan terima kasih ya buk..

    wassalam

  22. Assalamualaikum.

    Perkenalkan saya Iskandar, saya adalah salah satu dosen di fakultas ekonomi Unsyiah Banda Aceh. saya sekarang ini sedang menjalankan program inkubator usahawan untuk mahasiswa. (www.inkubator.fe-unsyiah.org). saya sangat tertarik dengan artikel tersebut. bila tidak keberatan mohon dikirimkan artikel lengkapnya. terima kasih sebelumnya.

  23. Assalamualaikum wr. wb

    Mbak Nurul,
    saya tertarik untuk melakukan penelitian tentang inteni berwirausaha, dan setelh saya browsing & buka blog Mbak menemukan beberapa publikasi ttg intensi berwirausaha. Boleh gak sekiranya sayaminta dikirimi artikel-artikel & jurnal karya Mbak sebagai referensi tulisan saya?

    Terimakasih

    wassalamualaikum wr. wb
    Wardoyo

  24. as.wr.wb..
    mbak nurul saya davy mhssw teknik sipil dari riau,,,saya perlu bantuan mbak tenteng imu kewirausaan dalam perspektif psikologis,saya tidak tau bgaimana mandefenisikanya..saya baru mngambil mata kuliah ini..sudi kirany dimbantu…
    terima kasih mbak…
    wss…

  25. Sebelumnya saya minta maaf baru dapat merespon beberapa komentar dan request yang disampaikan di blog saya. Secara kebetulan, laptop yang biasa saya pake, monitornya rusak. Untuk permintaan file/artikel, asap, saya coba send ke email Bapak-bapak. Mohon sedikit bersabar ya.😉

    To. Mas Didi: silahkan kontak saya di nurulindarti@yahoo.com atau YM di nurul_indarti.

    To. Pak Iskandar: salam kenal juga dari saya Pak. Artikel akan saya kirim via email, asap ya Pak. Sukses buat model inkubatornya.

    To. Pak Wardoyo: artikel yang Bapak maksud, akan saya send ke Bapak. Salam kenal dari saya.

    To. Mas Davy: Kewirausahaan adalah bidang ilmu yang sangat luas. Seperti halnya di teknik sipil, saya kira. Beberapa pakar, kemudian memberikan definisi yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang yang ingin dilihat. Sebagai contoh, ada yang mendefinisikan wirausaha sebagai orang yang selalu identik dengan usaha yang dijalankan. Tapi sebagian mendefinisikan wirausaha (entrepreneur) adalah siapapun yang memiliki semangat2 seorang wirausaha. Kewirausahaan sendiri kemudian bisa didekati dari level proses, individu bahkan organisasi. Pada level individu inilah yang kemudian kewirausahaan didekati dari sudut pandang psikologis (i.e. personality traits). Individu yang dimaksud bisa individu yang memiliki usaha (actual entrepreneur) atau calon entrepreneur. Karakter-karakter utama yang dimaksud (misalnya) kebutuhan akan pencapaian, efikasi pribadi, lokus kendali (saya gunakan dalam beberapa riset saya). Semoga informasi sekilas ini bermanfaat. Selamat kuliah.

    Salam,

  26. Assalamualaikum mbak…

    Sy mhsiswa s2 dari Univ. Utara Malaysia, kebetulan mempunyai bid.interest yg sama dgn mbak di mana saat ini sy sedang membuat final project paper. Bolehkah saya menjadikan penelitian mbak ttg intensi kewirausahaan itu sebagai referensi tugas akhir sy. Terima kasih sebelumnya.

  27. aslm, mba nurul apa kabar?tanggal 3 februari yg lalu sebenarnya saya kirim pesan(membalas pertanyaan mba nurul sebelumnya) ke blog mba nurul di artikel “cuplikan pengantar buku…”.hehe tapi kok tidak ada respon ya?mungkin krn monitor mba yg rusak itu ya?.mm..gini mba nurul, saya mau sdkit bercerita ttg perkembangan skripsi saya. jadi saya memutuskan untuk meneliti hubungan efikasi diri dengan intensi berwirausaha pada remaja tingkat sekolah menengah atas.Alhamdulillah sekarang sedang jalan BAB II & III, tapi saya sangat kesulitan mendapatkan alat ukur efikasi diri. kemarin saya coba kirim email ke Mr.Denoble,mungkin mba nurul tau, beliau ini telah menyusun instrumen entrepreneurial self efficacy (ESE), tapi sampai sekarang belum ada balasannya. kalau tidak keberatan,saya ingin tau alat ukur self efficacy yg telah mba nurul kembangkan..sebelumnya trimakasih banyak ya mba^^ owya satu lagi pertanyaan saya, di dalam teorinya Ajzen ada dimensi perceived behavioral control, apa bedanya ya mba dengan self efficacy?(sejauh ini sy blm menemukan perbedaannya).lalu, jika saya ingin meneliti mengenai variabel self efficacy, apakah dalam mengukur intensi berwirausahanya masih tetap bisa mengacu pada teori Ajzen?

    Trimakasih banyak mba nurul atas perhatiaannya
    Semoga Alloh slalu memberi keberkahan dlm hidup mba nurul

    Salam
    -dania-
    shafa_amar@yahoo.co.id

    • Aww. Mel, beberapa tulisan yang ada di blog ini saya kira kok bisa dijadikan ide buat nulis paper. Semoga tercerahkan. Sukses.

  28. Assalamualaikum!

    Perkenalkan, saya dian, mahasiswi psikologi ugm semester 8🙂

    Waduh, ternyata banyak juga ya yang mo bikin penelitian soal kewirausahaan. Kebetulan saya juga lagi garap skripsi tentang intensi kewirausahaan. Baru proposal sih, masih bingung akan dikaitkan dengan apa. Terlalu banyak opsi…😦 Apakah kiranya mbak nurul berkenan membagi softcopy penelitian ini? Saya membutuhkan detail-detail referensinya. Mungkin bisa juga saya jadikan dasar referensi sebagai contoh penelitian. Terimakasih sebelumnya.

  29. btw pak tony di atas bikin disertasi terkait etnis ya? wah, konsepnya hampir sama dengan saya spertinya. tapi saya masih belum pasti…

  30. Mbak,saya senang sekali baca tentang artikel intensi di atas, saya bisa minta file nya yg full version g??
    Buat referensi skripsi saya, saya lagi pusing cari2 bahan buat skripsi. Terima kasih banyak ya Mbak!!

  31. Mbak Nurul,
    Saya ingin menulis tentang kewirausahaan dan artikel mbak di atas akan sangat membantu untuk referensi penulisan saya. kalau mbak tidak keberatan saya minta dikirimin full version penulisan mbak sebagai salah satu kajian penelitian sebelumnya, terima kasih atas bantuannya ya mbak

  32. mba, saya boleh minta file yg full version?
    saya mhsswi psikologi sedang membuat penelitian sederhana tentang intensi berwirausaha . tx

  33. assalamualaikum mba…
    saya sekarang juga lagi ngerjain skripsi mengenai intensi berwirausaha mahasiswa, boleh ga mba saya minta artikel lengkapnya sebagai bahan masukan dan referensi. makasih ya mba…

  34. assalamualaikum
    mba nurul…
    saya sekarang sedang mengerjakan skripsi mengenai intensi berwirausaha mahasiswa,dan akhirnya sampai pada blog mba ini..
    dan saya menggunakan teori dari Ajzen & Fishbein kalo boleh, saya minta artikel lengkapnya sebagai bahan kajian dan referensi. trimakasih ya mba…

  35. Mbak, lagi sibuk ya? papernya saya tunggu-2 belum muncul juga di email saya. hehe…..

    Matur nuwun saderengipun

    Salam,

    Wardoyo

  36. hal Mbak Nurul, saya Rudy mahasiswa S2 di USU yang saat ini bersiap untuk menyusun thesis tentang semangat wirausaha mahasiswa, kalauu mbak gak keberatan saya ingin menjadikan tulisan mbak sebagai referens untuk thesis saya di USU. mohon kebaikan hati mbak untuk mengirimkan file hasil penelitian mbak yang full version. alamat email saya : rudy_phanjaya@hotmail.com.
    Terima kasih banyak saya ucapkann sebelumnya.

    Salam hormat,

    Rudy Phanjaya

  37. ass..mbak nurul, sy sekarang lagi mengejakan skripsi kebetulan saya juga mengambil judul tentang intensi berwirausaha pada mahasiswa, sy kesulitan utk mengukur intensi mahasiswa berwirausaha indikator variabelnya itu apa ya mbk? bisa tidak sy minta contoh skripsi mbak nurul, mohon dikirim ya mbak. maturnuwun
    sriwahyuni_054554244@yahoo.co.id

    • Aww. Mba Yuni, saya coba reply email Anda, via email. Tapi sepertinya email addressnya salah. Silahkan cek lagi. File paper tentang itu sudahsaya upload di blog ini juga, silahkan dicek di link yang lain di blog ini. Sukses buat skripsinya. Salam.

  38. ass… mba Nurul saya Lasdi sedang melakukan penelitian tentang intensi mahasiswa terhadap technopreneurship yang mencoba mengkolaborasikan penelitian Mba Nurul dengan TIK. Bolehkah saya mendapatkan artikel dan instrumentasi penelitian Mba Nurul. Sekalian saya minta ijin dari Mba Nurul. Alamat email saya di lasdi2005@yahoo.com. Trimakasih Mba

  39. Maaf Mba Nurul artikel dan instrumentasinya yang berjudul Intensi kewirausahaan mahasiswa: berbedakah antar bangsa? yang diterbitkan di JEBI. trimakasih

  40. asslmualaikm wr. wb. mba`, sya jga ada rencana ngrjain skripsi tentang intensi kewirausahaan, tpi sya cma penelitian di tingkat kampus, jdi nanti uji komparativ antar fakultas. sya melihat pada tingkat itu saja sudah ada perbedaan bermacam-macam faktor, tapi makin sya pikir kok makin g nyambung ya mba` kyakya, mohon saranya dari mba`. makasih banyak………
    wassalamualaikum wr. wb

  41. asalamualaikum mbak nurul..
    saya sekarang lagi mengerjakan skripsi tentang hubungan self efficacy dengan kewirausahaan..tapi refrensi2nya susah di dapat.. mhon minta jurnal atau contoh skripsi yang brhub dgn penelitian saya..
    dan saya masih bingung apakah jdul saya sudah baik atau rancu ya?? maksudnya antara kewirausahaan atau intensi kewirausahaan atau minat kewirausahaan?
    terimakasi mbak

  42. asalamualaikum..
    mbak nurul, sy sekarang lagi mengejakan skripsi dan mengambil judul tentang berwirausaha pada mahasiswa,saya ingin mengambil ludul hubungan self efficacy dengan kewirausahaan, sy bingungnya antara intensi kewirausahaan atau kewirausahaan saja ya mbak?
    utk mengukur intensi mahasiswa berwirausaha indikator variabelnya itu apa ya mbk?
    bisa tidak sy minta contoh skripsi mbak nurul, mohon dikirim ya mbak.
    makasi mbak..
    ini emaii saya zaramedina11@yahoo.com

  43. ass mbak nurul, salam kenal..saya mahasiswa S1 psikologi skg saya sedang menyelesaikan skiripsi saya yang berjudul intensi berwirausaha pada pedagang kaki lima. yang saya mau tanyakan dalam mengukur intensi berwirausaha apakah mbak nurul menggunakan teori planned behavior? boleh tidak saya minta contoh skripsi mbak nurul? trimakasih atas perhatiannya.

  44. Ass mba nurul, saya mahasiswa psikologi S1. saat ini saya sdg meneliti tentang Entrepreneurial Self-efficacy mahasiswa psikologi yang mana penelitian saya ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, yaitu intensi berwirausaha pada mahasiswa psikologi. kira2 mba nurul punya referensi tidak yang bisa saya gunakan, baik itu jurnal, skripsi, buku, atau lainnya. saat ini saya sedang mencari teori dan instrumen pengukuran ESE tsb. saya sangat kesulitan mencari literatur yang saya butuhkan. Mohon bantuannya ya mba..Terima kasih mba..

  45. ass. mba…. boleh nggak minta contoh operasional variabel intensi kewirausahaan ? sy lagi perlu referensi nih,, makasih

  46. Assalammu’alaikum wr.wb
    Mbak, ini Saya Dekrama Prawira, saya saat ini lagi menyusun skripsi dan sudah tertunda 4 bulan, karena kendala saya kesulitan mencari referensi buku dan jurnal tentang INTENSI BERWIRAUSAHA. mohon bantuan nya. Terima Kasih

    Dekrama Prawira
    081227284444
    Decks76@gmail.com

  47. askum mbak nurul. mash adakah refrensi tentng intensi berwirausaha, tolong di bantu, saya kesulitan dalm mencari refrensi tentang intensi berwirausha untuk skripsi. ini email saya Andriyan_210390@yahoo.com… terima kasih mbak..
    wassalam…

  48. assalamualaikum, mba saya ingin tanya, apakah kesiapan instrumen akses modalnya bisa diambil menjadi variabel? karena saya meneliti intensi wirausaha mahasiswa juga sebagai skripsi dan saya ingin mengambil variabel yang berbentuk dukungan funding untuk variabel dependen. kalau di perbolehkan saya minta referensi ttg akses modal tersebut. terimakasih banyak. wassalamualaikum

  49. Assalamualaikum. Bu saya meneliti intensi berwirausaha pada mahasiswa sebagai topik skripsi saya. kalau boleh tau “teori” apa yang dipakai pada penelitian ibu (2008) mengenai intensi berwirausaha ?

    • Assalamualaikum. mba saya ingin bertanya. sebelumnya judul saya intensi berwirausaha. bagaimana cara membedakan minat berwirausaha dengan intensi berwirausaha? mengapa artikel mba memakai judul intensi berwirausaha bukan niat berwirausaha? setau saya intensi itu artinya niat . maaf mba sebelumnya saya tanya ini karena saya disuruh cari sama dosen penguji saya mba alasannya. apabila mba berkenan, tolong kirimkan artikel mba ke email saya ya
      nichi_ria@yahoo.com .
      terimakasih mba sebelumnya.

  50. Dear Mbak Nurul, saya tertarik untuk membaca hasil penelitian tentang Intensi kewirausahaan yang Mbak Nurul lakukan tersebut. Jika berkenan mohon dapat dikirimkan naskah penelitian/publikasi penelitian tersebut ke email saya: deny.sambodo@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. salam. Deny P. Sambodo

  51. Malam bu Nurul.. Saya mahasiswi Semester 8 fakultas Psikologi UNPRI Medan, sedang menyusun skripsi mengenai Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Intensi Berwirausaha, namun saya sangat kesulitan untuk mendapatkan rujukan2 teori maupun pembahasan mengenai Intensi Berwirausaha, kiranya Bu Nurul berkenan untuk membantu saya berbagi ilmu.. Jika ibu berkenan mohon dapat dikirimkan naskah/publikasi penelitian tersebut ke email saya : kartika.nia680@gmail.com. Terima kasih sebelumnya bu.. Salam, Kartika Nia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s