Kemarin dan Besok

Standard

Apa yang terjadi kemarin dan akan terjadi besok?
Mengapa dua kata ini menarik saya tulis disini.

Kemarin dan besok, keduanya adalah kata yang menunjukkan keterangan waktu. Semua orang tahu, apa yang disebut kemarin. Tentunya, hari yang sudah berlalu, satu hari saja sebelum hari ini. Dalam bahasa lain disebut “yesterday”. Dalam bahasa Indonesia, jelas, kemarin, adalah hari sebelum hari ini (today).

Lalu bagaimana dengan besok?
Besok atau tomorrow (dalam bahasa Inggris), menunjukkan waktu setelah hari ini. Misal, hari ini adalah hari Selasa, berarti besok adalah Rabu. Jika hari ini adalah Minggu, besok adalah Senin dan kemarinnya berarti Sabtu. Cukup jelas dan kongkrit.

Dalam praktek keseharian, tak sejelas itu penggunaan dua kalimat itu. Setidaknya ini kesan yang sering saya temui saat studi lapangan. Dimana saat itulah saya banyak ngobrol (interview) dengan para pelaku UKM dari berbagai latar belakang pendidikan dan budaya. Menarik untuk saya tulis disini, karena yang terjadi, saya perlu waktu yang tidak sedikit untuk membiasakan diri dengan penggunaan yang lain.

“Wah bisnis saya itu sukses banget, Mbak, kemarin-kemarin itu”.
“Kemarin itu, pesanan bisa datang terus-menerus.”
“Ya, perusahaan saya itu, kemarin, ada dua cabang. Sekarang ini ya sudah tinggal satu ini. Ngga tau, besok itu gimana ya … Kondisi bisnis sedang lesu seperti ini”.

Begitulah beberapa penggalan pembicaraan saya dengan beberapa pemilik UKM yang Alhamdulilah, masih bersedia untuk ngobrol dengan saya. (Sekali lagi, terima kasih Bapak/Ibu UKM yang mau sharing ilmunya).

Jika saya pakai pengertian definisi waktu yang sudah saya tulis di atas, wah wah, bisa bisa informasi yang akan saya terima bias. Jadi saya perlu lakukan elaborasi lebih lanjut. Inilah yang saya pelajari dari mengikuti course Metode Interview tahun lalu. Dan jadi ingat, pertanyaan yang menjadi favorit temen-temen di kelas, adalah “Can you please elaborate more?” …

Ternyata, setelah mengelaborasi, barulah saya tahu, bahwa kemarin itu tidak sama dengan hari sebelum hari ini. Melainkan, masa-masa dimana usaha yang dijalani sedang jaya, Dan itu adalah masa pada tahun 1996-1997an. oO. Sudah cukup lama … Dan besok, apakah sama dengan tomorrow (the day after today?), ternyata juga tidak. Besok adalah ungkapan yang menunjukkan masa yang akan datang. Masa depan bisnis yang ada.

Itulah indahnya bahasa. Sama tulisan, sama ucapan ternyata mengandung sejuta makna yang tidaklah sama. Nah, biar tidak salah paham, ngga ada salahnya mengelaborasi. So, can you elaborate more, please …

5 thoughts on “Kemarin dan Besok

  1. memang bahasa itu sangat menarik…
    apalagi bahasa indonesia…
    banyak kata-kata yang sama tulisan dan pengucapannya tapi bisa memilikii arti yang berbeda, seperti yang ibu tuliskan di atas… dan ketika saya cerita ke teman-teman dari negara lain, terutama teman-teman dari jepang… respon mereka… “sugoii…” luar biasa menarik sekali bahasa…
    sama seperti bahasa indonesia, di jepang sendiri juga banyak kata-kata yang cara pengucapannya sama tapi artinya berbeda… tergantung penulisannya (kanjinya)…
    one word may have huge meaning… indahnya bahasa…

    salam kenal dari fukuoka
    /Yayan

  2. Thanks komentarnya Mas Yayan. Itulah bahasa. Selain bahasa lisan/tulisan, bahasa “tubuh” juga indah untuk dinikmati.πŸ˜‰ di Fukuoka ya? Berarti kenal dengan Mas Didit Barianto? Atau mbak Mamik? Salam aja. Sukses selalu buat Yayan.

  3. Mbak Nurul,
    Saya mengalami ‘lost in translation’ saat pindah dari Djokja ke Bandung. Teman-teman kuliah di mBandung ternyata tidak bisa membedakan ‘besuk’ dengan ‘mbesuk’ -nya orang Djokja.πŸ˜€

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb……
    Pertama-tama, saya ingin memperkenalkan diri, nama saya Irine Kencana Sari, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sekarang ini sedang mengerjakan skripsi. Skripsi yang saya kerjakan replikasi dari jurnal ibu yang berjudul Keputusan Lokasi dan Kesuksesan Bisnis, kasus bisnis internet kafe di Indonesia. Saya ingin bertanya untuk ibu Nurul Indarti, berapakah nomor handphone ibu, sekiranya besok saya ingin bimbingan dan konsultasi dengan ibu sehubungan dengan skripsi yang sedang saya kerjakan. Selain itu, ibu mengampu di UGM fakultas apa, sehingga mungkin sekiranya saya dapat mencari ibu untuk bimbingan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    NB : mohon untuk balasannya di email saya, saya sangat membutuhkannya, terima kasih.

  5. Ass. Mbak Irine, salam kenal juga dari saya. Silahkan kontak saya di nomor telepon yang sudah saya infokan di email. Good luck!

Leave a Reply

